Efek Belajar dalam Jaringan bagi Komunikasi Antar Siswa dan Guru Menurut UANG77

Efek Belajar dalam Jaringan bagi Komunikasi Antara Siswa dan Guru

Efek Belajar dalam Jaringan bagi Komunikasi Antar Siswa dan Guru Menurut UANG77

Pembelajaran daring atau dalam jaringan telah menjadi keharusan di masa pandemi COVID-19. Namun, metode pembelajaran ini membawa dampak tersendiri bagi komunikasi antara siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelusuran, berikut adalah analisis mengenai efek belajar dalam jaringan terhadap komunikasi antara siswa dan guru:

Dampak Positif

  1. Meningkatkan Komunikasi Guru dengan Orang Tua Siswa[1][3]
  • Pembelajaran daring mendorong guru untuk lebih sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang tua siswa. Hal ini terlihat dari intensitas pertemuan guru dan orang tua yang meningkat, seperti pengambilan dan pengumpulan tugas siswa.
  • Komunikasi yang lebih intens antara guru dan orang tua membantu memantau perkembangan siswa selama pembelajaran daring.
  1. Mendorong Pemanfaatan Teknologi Komunikasi[4]
  • Pembelajaran daring menuntut guru untuk memanfaatkan berbagai aplikasi dan teknologi komunikasi, seperti WhatsApp, Google Classroom, Zoom, dan lainnya.
  • Penggunaan teknologi komunikasi yang beragam dapat memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa.

Dampak Negatif

  1. Penurunan Kemampuan Komunikasi Tertulis Guru[1]
  • Pembelajaran daring yang lebih banyak menggunakan komunikasi tertulis berdampak pada rendahnya kemampuan komunikasi tertulis guru.
  • Masih banyak ditemukan kesalahan penulisan, seperti penggunaan bahasa non-baku, kesalahan tanda baca, dan penggunaan singkatan yang tidak sesuai aturan.
  1. Berkurangnya Interaksi Pribadi antara Guru dan Siswa[2]
  • Pembelajaran daring mengurangi interaksi tatap muka antara guru dan siswa, yang berdampak pada hilangnya interaksi personal.
  • Materi pembelajaran yang diberikan secara daring hanya meningkatkan hasil belajar pada bentuk tertentu, tetapi mengurangi kualitas interaksi antarpribadi.
  1. Keterbatasan Penguasaan Teknologi bagi Guru dan Siswa[4]
  • Tidak semua guru dan siswa memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan teknologi informasi untuk pembelajaran daring.
  • Hal ini menjadi kendala dalam efektivitas pembelajaran daring dan menghambat interaksi antara guru dan siswa.

Efek Belajar dalam Jaringan bagi Komunikasi Antar Siswa dan Guru Menurut UANG77

Secara keseluruhan, pembelajaran daring memberikan dampak yang beragam bagi komunikasi antara siswa dan guru. Meskipun ada peningkatan dalam komunikasi guru dengan orang tua siswa dan pemanfaatan teknologi komunikasi, terdapat pula tantangan terkait penurunan kemampuan komunikasi tertulis guru, berkurangnya interaksi personal, serta keterbatasan penguasaan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi guru dan pemanfaatan teknologi yang efektif dalam pembelajaran daring.

Citations:
[1] https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/download/52531/35030
[2] https://eligible-lldikti3.kemdikbud.go.id/index.php/eligible/article/download/54/24/753
[3] https://www.neliti.com/id/publications/235720/peran-komunikasi-dalam-interaksi-guru-dan-siswa
[4] https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/download/1006/589/3904
[5] https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov/article/download/2/3

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *